Sabtu, 02 November 2013

contoh dan definisi Kecerdasn Buatan AI



selamat pagi, siang , sore , malam ,,
Dalam post kali ini saya bukan mempromokan tapi saya ingin berbagi mengenai AI ( Artificial Intelegensi) atau yang sering disebut Kecerdasan Buatan.


   Bagi sebagianorang , banyak diantaranya yang tidak dan kurang memahami apa itu AI/Kecerdasan Buatan , padahal yang mendampingi mereka dalam aktifitas keseharian mereka adalah sebagian dari ilmu AI/Kecerdasan buatan 
   Bagi anda yang baru berkenalan ataupun baru mempelajari AI /Kecerdasan Buatan yang merupakan matakuliah ataupun mata pelajaran apakah anda sudah punya gambaran dan angan-angan dari contoh AI
mungkin bagi anda contoh AI itu pastilah berhubungan erat dengan komputer ,., itu tidak salah , karena itulah yang terjadi dan terlihat jelas sekarang, tapi tidak semuanya 
seperti contoh :
  • Mesin Tracktor
     Dahulu kala para petani menggunakan kerbau untuk membajak sawahnya ,dan itu membutuhkan waktu yang lumayan lama , tetapi setelah kemunculan mesin tracktor para petani jadi semakin ringan mengelola sawah.
  • Sepeda
       Sebelum ditemukanya alat transportasi berupa sepeda , manusia agak susah untuk bepergian , karena itulah muncul seorang penemu yang menciptakan sepeda dari berbagai penemuan-penemuan , bentuk sekarang lah yang berhasil banyak membantu orang-orang untuk bepergian.
  Dari dua contoh yang sudah saya paparkan di atas , pastilah sekarang anda sedikit-sedikit terlintas di fikiran anda , apa yang menjadi inti dari AI/Kecerdasan Buatan itu sendiri.


 
  Jika anda masih bingung , saya akan memberikan definisi-definisi dari para ahli mengenai AI/ Kecerdasan Buatan diantaranya:
Alan Turing [1956]: AI adalah bidang yang memodelkan proses‐proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia.  John McCharthy [1956] : Mengetahui dan memodelkan proses-proses berfikir manusia dan mendesain mesin agar rapat melakukan kelakuan manusia tersebut.  H. A. Simon [1987] : “ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas.  Rich and Knight [1991]: “Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.  Encyclopedia Britannica: Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.
    Selain itu kalian pasti sudah mengetahui bahkan menonton film " I ROBOT "  , ya film ini menceritakan tentang kecanggihan teknologi dimasa depan , dimana manusia hidup berdampingan dengan Robot , kegunaan robot ini yaitu meringankkan pekerjaan manusia ,bahkan bentuk mereka pun seperti manusia. Tentunya film ini merujuk kepada AI/ Kecerdasan Buatan . Bahwasanya Kecerdasan Buatan dibuat untuk dapat meringankan suatu pekerjaan  manusia agar lebih mudah dikerjakan.
    Jika kalian membuka mata dan jendela dunia kalian, akan lebih banyak lagi contoh dari AI , dan bahkan kalian akan medewasakan diri karena manakala jika ilmu dipergunakan dengan baik / positif maka ilmu itu akan bermanfaat bagi diri anda dan orang lain , tetapi jika ilmu itu dipergunakan oleh anda untuk hal negatif , maka ilmu itu akan menghacurkan seluruh yang ada , termasuk diri anda .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar